Jumat, 19 Oktober 2012

Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Iklim Bisnis Di Indonesia?

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Iklim Bisnis :
1. Investasi
 Adalah penggunaan sumber untuk menciptakan modal baru. Sejumlah uang seperti itu dapat di belanjakan untuk peralatan, bangunan, dan persediaan. ini berarti bahwa pengaruh investasi itu berlipat ganda.
2. Tabungan
 Jumlah yang di putuskan oleh para pekerja untuk di tabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.
3. Pemerintah 
 Pemerintah dapat berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah dapat meninjam uang untuk membelanjai kegiatannya. Dapat terjadi bahwa apa yang di pinjam lebih besar dari apa yang di terimanya.

 Pemerintah, baik melalui kebijaksanaan fiskal atau moneter dapat mempengaruhi kegiatan bisnis.
  1. Kebijakan fiskal digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak atau meningkatkan pengeluaran pemerintah.
  2. kebijakan moneter berkaitan dengan pengelola supply uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.
4. Tenaga Kerja Indonesia
 adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri. Dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah, TKI sering disebut sebagai pahlawan devisa karena dalam setahun bisa menghasilkan 60 triliyun rupiah (2006). Tetapi dalam kenyataannya, TKI menjadi ajang pungutan liar (pungli) bagi para pejabat dan agen terkait. Bahkan di bandara Soekarno-Hatta mereka di sediakan terminal tersendiri (terminal III) yang terpisah dari terminal penumpang umum. pemisahan ini beralasan untuk melindungi TKI tetapi juga menyuburkan pengutan liar, termasuk pungutan liar yang resmi pungutan Rp. 25.000,- berdasarkan surat Menakertrans No. 437.HK.33.2003, bagi TKI yang pulang melalui terminal III wajib membayar uang jasa pelayanan Rp. 25.000,-. tetapi saat ini sudah di larang. 
5. Perekonomian Indonesia
 Tanda-tanda perekonomian mulai menurun adalah pada tahun 1997 dimana pada masa itulah awal terjadinya krisis. Saat itu pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya berkisar pada level 4,7 persen, sangat rendah di bandingkan pada tahun sebelumnya yang 7,8 persen. Kondisi keamanan yang belum kondusif akan sangat mempengaruhi iklim investasi di Indonesia. Mungkin hal itulah yang terus di perhatikan oleh pemerintah. hal ini sangat berhubungan dengan aktivitas kegiatan ekonomi yang berdampak pada penerimaan negara serta pertumbuhan ekonominya. adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi yang di harapkan akan menjanjikan harapan bagi perbaikan kondisi ekonomi dimasa mendatang. Bagi Indonesia, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka harapan meningkatnya pendapatan nasional (GNP), pendapatan persaingan kapita akan semakin meningkat, tingkat inflasi dapat di tekan, suku bangsa akan berada pada tingkat wajar dan semakin bergairahnya modal bagi dalam negeri maupun luar negeri. 
6. Infrastruktur Fisik dan Sosial
 Adalah dapat di definisikan sebagai kebutuhan dasar fidik pengorganisasian sistem struktur yang di perlukan untuk menjamin ekonomi sektor publik dan sektor privat. Sebagai layanan dan fasilitas yang di perlukan agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik. Istilah ini umumnya merujuk kepada hal infrastruktur teknis atau fisik yang mendukung jaringan struktur seperti fasilitas antara lain dapat berupa jalan, kereta api, air bersih, kanal, waduk, tanggul, pengelolaan limbah, listrik, telekomunikasi, pelabuhan secara fungsional, infrastruktur selain fasilitas akan tetapi dapat pula mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, distribusi aliran produksi barang dan jasa sebagai contoh bahwa jalan dapat melancarkan transportasi pengiriman bahan baku sampai ke pabrik, kemudian untuk distribusi ke pasar hingga sampai kepada masyarakat. Dalam beberapa pengertian, istilah Infrastruktur termasuk pula infrastruktur sosial kebutuhan dasar seperti antara lain termasuk sekolah dan rumah sakit. 

http://chubss-thepooh.blogspot.com/2010/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-iklim.html
http://pengantarbisnisnarotama.blogspot.com/2011/10faktor-faktor-yang-menentukan-iklim.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar