Rabu, 14 November 2012

Bisnis Internasional

Sebelum kita mempelajari tentang apa itu bisnis internasional, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang perdagangan internasional dan pemasaran internasional.

Apa Perbedaan Perdagangan Internasional dan Pemasaran Internasional?

Perdagangan internasional yaitu perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa anatrperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Sedangkan pemasaran intrenasional yaitu  kegiatan pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara.

Perbedaannya disini adalah perdagangan internasional pada umumnya dilakukan dengan adanya hubungan kegiatan ekonomi antar negara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang atau jasa atas dasar sukarela dan saling menguntungkan, sedangkan pemasaran internasional merupakan bagaimana cara melakukan perdagangan internasional tersebut atau dapat di katakan bagaimana konsep, prinsip dan aturan-aturan dalam melakukan perdagangan internasional tersebut.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_internasional
http://www.gudangmateri.com/2010/07/perdagangan-internasional.html

Alasan suatu negara melakukan bisnis internasional

1. Spesialisi antar bangsa-bangsa
    Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekurangan tertentu beserta kelemahanya itu, maka suatu negara haruslah menentukan pilihan strategis untuk memproduksikan suatu komoditi yang strategis yaitu :
  • Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang ternayata benar-benar paling unggul sehingga penghasilannya lebih efisien dan paling murah diantara negara-negara lain.
  • Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara negara-negara lain.
  • Mengkonsentrasikan perhatiannya untuk menproduksikan atau menguasai komoditi yang memiliki kelemahan yang tinggi bagi negerinya.
2. Pertimbangan pengembangan bisnis
    Perusahaan yang sudah bergerak dibidang tertentu dalam suatu bisnis di dalam negeri seringkali lalu mencoba untuk mengembangkan pasarnya ke luar negeri. Hal ini akan menimbulkan beberapa pertimbangan yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan atau terjun ke bisnis internasional tersebut :
  • Memanfaatkan kapasitas mesin yang masih menganggur yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
  • Produk tersebut didalam negeri sudah mengalami tahapan penurunan (decline phase) sedangkan diluar negeri justru sedang berkembang (growth).
  • Persaingan yang terjadi di dalam negeri kadang justru lebih tajam ketimbang persaingan terhadap produk tersebut di luar negeri.
  • mengembangkan pasar baru (ke luar negeri) merupakan tindakan yang lebih mudah ketimbang mengembangkan produk baru (didalam negeri).
  • Potensi pasar internasional pada umumnya jauh lebih luas ketimbang pasar domestik. 
Referensi :
http://p4hrul.wordpress.com/2010/12/15/bisnis-internasional/
Faktor yang mempengaruhi bisnis internasional

Faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis internasional diantaranya yaitu :
  1. Kompetitif : Mengenai jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka.
  2. Distributor : Agen nasional dan internasional yang bersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
  3. Variabel Ekonomi : Biaya buruh perunit dang pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi perusahaan untuk melakukan bisnis.
  4. Sosioekonomi : Karakteristik dan distribusi populasi manusia.
  5. Keuangan : Variable, seperti suku bunga, tingkat inflasi dan perpajakan.
  6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
  7. Fisik : Unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber alam.
  8. Politik : Elemen politik bangsa seperti nasionalisme, bentuk pemerintahan, dan organisasi internasional.
  9. Sosiokultural : Mengenai sikap, kepercayaan, pendidikan dll.
  10. Buruh/Tenaga kerja : Mengenai komposisi dan keahlian tenaga kerja tersebut.
Referensi :
http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar