Jumat, 03 Oktober 2014

Backpacker to Pulau Harapan

Pulau Harapan adalah salah satu pulau yang terletak diantara kepulauan seribu Jakarta Utara. Pulau ini kecil dan tidak memiliki pantai namun para penduduk yang tinggal di pulau ini ramah dan sangat terbuka oleh para wisatawan.

Pada liburan semester kuliah kali ini saya dan teman-teman saya memutuskan untuk berlibur di Pulau Harapan. Namun rencana itupun hampir gagal karena 3 diantara 5 orang teman saya membatalkan kepergiannya. Akhirnya saya dan satu teman saya ( Sandy ) memutuskan untuk tetap berangkat dengan jalur backpacker. Saya dan teman saya memutuskan untuk memulai perjalanan pada hari jumat karena jika hari sabtu pasti pulau akan lebih ramai oleh pengunjung.

Kami berangkat dari Depok membawa mobil pribadi pukul 05.00 WIB dan sampai di muara angke sekitar Pukul 06.00 WIB, parkir mobil disini Rp. 50.000/malam. Kami pun segera menaiki kapal Harapan Ekspress, kapal yang tadinya berangkat pukul 06.00 WIB sekarang menjadi pukul 07.00 WIB, kapalnya terlihat seperti sudah tidak layak sih di pakai. Sebelumnya kami sudah memiliki kontak person bernama Pak Salim yang saya kenal dari membaca blog putriemocie, dan benar saja pak Salim memang baik dan banyak di kenal oleh penduduk Pulau Harapan. Akhirnya setelah 3 jam setengah kami menaiki kapal, tiba juga kami di Pulau Harapan sekitar pukul 10.30 WIB. Di dermaga pak Salim sudah menunggu untuk langsung beristirahat di penginapan, penginapannya tidak begitu jauh bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan juga bisa menggunakan becak. Setelah kami sampai di penginapan kami bertemu dengan 4 orang lainnya yang ternyata sudah lebih dulu sampai dari hari kamis, mereka pun mengajak kami join untuk semua keperluan disana, dan tentu saja kami bersedia dengan senang hati, selain untuk menghemat biaya kami juga jadi memiliki teman baru. Saat kami sedang bercerita perjalanan kami dengan mereka ( Riani, Amar, Inne dan Ade) yang sangat mengejutkan adalah ternyata Inne dan Amar adalah mahasiswa tingkat akhir di Universitas Gunadarma yang berarti mereka adalah kakak tingkat saya.

Sekitar pukul 13.00 WIB pak Salim menjemput kami semua untuk melakukan snorkling dan mengunjungi pulau-pulau disekitar pulau harapan. Saat itu cuaca sangat terik dan membuat kami semua tiba-tiba merasa malas untuk pergi namun pak Salim menjelaskan bahwa cuaca yang terik sangat cocok untuk snorkling. Dengan setengah hati kami semua pun pergi menuju dermaga untuk menaiki kapal kecil.




Akhirnya setelah 1 jam kami menaiki kapal, sampailah kami di pulau Dolphin, disini kami snorkling melihat banyak ikan-ikan cantik yang dapat mambuat malas untuk naik lagi ke darat, yup terumbu karang disini pun sangat indah dan memanjakan mata kami semua.




Setelah beberapa jam kami snorkling ( kelamaan dari waktu yang sudah di tentukan ), guide memberi pilihan untuk pulau selanjutnya karena kami terlalu lama di tempat snorkling, akhirnya kami memutuskan untuk berkunjung ke pulau Perak.  



Perjalanan tidak berhenti di pulau Perak saja karena setelah lelah bermain seharian, guide mengajak kami untuk beristirahat di Pulau Putri. Pulau yang cantik seperti namanya, disana kami beristirhat untuk makan, minum dan tidak lupa untuk berfoto-foto.





Pulau yang terakhir untuk menutup perjalanan kami semua adalah pulau Gosong, wow pulau ini hanya hamparan pasir yang timbul di tengah-tengah laut,  saat berdiri di tengah pulau maka akan ada ombak yang datang dari kedua arah. Kami menikmati indahnya sunset di pulau ini meskipun seharusnya kami sudah berjalan menuju pulang saat matahari tenggelam.





Waktu sudah menunjukkan pukul 18.00 WIB, waktu yang melebihi batas seharusnya. Akhinya kami pun menaiki kapal lagi untuk menuju pulau Harapan. Ombak saat pulang menuju pulau sangat tinggi karena sudah memasuki jam nelayan pergi kelaut. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam akhirnya kami sampai di pulau Harapan. Kami pun segera bersih bersih dan langsung menyantap makanan yang sudah di sediakan oleh Pak Salim.

Hari kedua, karena kapal untuk pulang hanya ada saat pagi hari, jadi kami tidak bisa berjalan-jalan lagi untuk melihat keindahan pulau lainnya. Tapi menurut saya, liburan singkat yang menyenangkan ini tidak akan terlupakan dan sangat membuat kenangan yang indah bersama teman saya Riki Sandy dan 4 orang teman baru saya Ka Inne, Ka Riani, Ka amar dan Ka Ade. So guys, wait for our next trip yaw..

16 komentar:

  1. Boleh minta rincian biaya semuanya?makasih :)

    BalasHapus
  2. boelh minta kontak mpak salim gak ?. saya rencana mau kesana bulan mei

    BalasHapus
  3. K, boleh minta nomor hp pak salimnya sy ada rencana mau ke pulau harapan di weekday , mungkin kalau weekend bisa join open trip tp karena di weekday ga ada open trip jd mau ga mau harus jalan sendiri

    BalasHapus
  4. kak, bisa minta contact pak salim? dan kira kira berapa ya budget kakak kemarin per orang? thanks :)

    BalasHapus
  5. ta ada foto penginapannya kak?

    BalasHapus
  6. Di balas dong ka comment nya kita pengen tahu soal biaya dari pak salim

    BalasHapus
  7. untuk info penginapan dan kapal, silahkan hubungi Pak Salim ya ( 087878288711 / 085780035230 )

    BalasHapus
  8. Kira kira budget berapa kaka ??

    BalasHapus
  9. Sewa perahu habis berapa y??

    BalasHapus
  10. Sewa perahu habis berapa y??

    BalasHapus
  11. tgl 20 februari saya mau trip ke sana tp cuman ber 2 , saya punya nomer contak org sana namanya pak hamdan klo ada yg mau join call me 081806804984

    BalasHapus
  12. tgl 20 februari saya mau trip ke sana tp cuman ber 2 , saya punya nomer contak org sana namanya pak hamdan klo ada yg mau join call me 081806804984

    BalasHapus
  13. Numpang promote kka😁😁

    Haii teman-teman, gaes gaes semua.. Bagi teman-teman yang engga mudik 🚅atau belum ada rencana libur lebaran untuk pergi. yuk ikutan yuks tanggal 8-10 juli.. kemana? kita mau camping ceria ke Pulau Perak🏝🏖 (kepulauan seribu), kita akan tidur di tenda, kita gitaran, kita Snorkling🏊, explorer ke pulau-pulau lainnya🛥🚤⚓️, hunting sunrise dan sunset, dan banyak hal menyenangkan yang lainnya~. Biaya berapa? Tenang gaes kita ga ada bayar formulir, biaya admin, dll,. dari penyebrangan kapal ⛴ sampe sewa alat snorkling kita akan share cost, semua sama rata, sama di dada, dan sama-sama sama kamyuu~😘😚

    Estimasi budget: -+ Rp500ribuan

    hastag: acara anak jombs😎, no pasangan👫, no pacaran💑, no mes*m ooopzzz, ttm eemmm gmn ya kalo ttm emmmm...!

    Buat yg mau ikutt bisa WA ke 081294115990 (tendi😎)
    Thx gaes, karena naik gunung sudah terlalu mainstream..

    #chirpy_backpacker

    BalasHapus
  14. menarik banget liburanya....makasih banyak atas informasinya ya mba... salam kenal...kurripataki.wordpress.com

    BalasHapus