Senin, 21 Maret 2016

Akuntansi Internasional

BAB I
PENDAHULUAN

            Akuntansi internaional merupakan subjek buku ini, yang membuat studinya berbeda adalah bahwa perusahaan yang dilaporkan adalah perusahaan multinasionak (multinational company-MNC) dengan operasi dan traksaksi yang melintasi batas-batas negara, atau suatu perusaahn dengan kewajiban pelaporan kepada para pengguna yang berlokasi di negara selain negara perusahaan pelaporan. 
            Akuntansi mencakup pengukuran, pengungkapan, danauditing. Pengukuran memberikan masukan mendalam mengenai profibiltas operasi suatu perusahaan dan kekuatan posisi keuangannya. Pengungkapan adalan proses dimana pengukuran akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna yang diharapkan. Auditing adalah proses dimana kalangan profesional akuntansi (auditor) melakukan atesti (pengujian) terhadap keandalan proses pengukuran akuntansi.
SUDUT PANDANG SEJARAH
            Sebagai permulaan, sistem pembukuan berpasangan (double-entry bookkeeping) , yang umumnya di anggap sebagai awal penciptaan akuntansi seperti yang kita ketahui, berasal dari negara-negara kota Italia pada abad ke-14 dan 15. Singkat kata, gagasan mengenai akuntansi pembukuan berpasangan mencapai kepulauan Inggris. Perkembangan Inggris Raya menciptakan kebutuhan yang tak terelakkan lagi bagi kepentingan komersial Inggris untuk mengelola dan mengendalikan perusahaan di daerah koloni dan untuk pencatatan perusahaan kolonial mereka yang akan diperiksa ulang dan di verifikasi. Praktek akuntansi Inggris menyebar luas tidak hanya di seluruh Amerika Utara, tetapi juga di seluruh wilayah Persemakmuran Inggris yang ada saat itu.
            Perkembangan yang sama juga terjadi ditempat lain. Sebagai contoh, model akuntansi Belanda diekspor antara lain ke Indonesia. Sistem akuntansi Prancis menemukan tempatnya di Polandia dan wilayah-wilayah di Afrika yang ada di bawah pemerintahan Prancis, sedangkan kerangka pelaporan sistem Jerman terbukti berpengaruh di Jepang, Swedia, dan Kekaisaran Rusia. Setelah Perang Dunia II, pengaruh akuntansi semakin terasa dengan sendirinya pada Dunia Barat, khususnya du Jerman dan Jepang. Pada tingkatan yang agak kurang, faktor yang sama juga dapat dilihat secara langsung di negara-negara seperti Brasil, Israel, Meksiko, Swedia dan Taiwan.
            Mengatasi paradoks sejarah akuntansi ini telah lama menjadi perhatian baik bagi para pengguna maupun penyususn informasi akuntansi. Dalam tahun-tahun terakhir, usaha-usaha institusi untuk mempersempit perbedaan pengukuran, pengungkapan, dan proses auditing di seluruh dunia semakin intensif dilakukan.

SUDUT PANDANG KOMTEMPORER
            Pengendalian nasional terhadap arus modal, valuta asing, investasi asing langsung, dan transaksi terkait telat diliberalisasikan secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir, sehingga mengurangi hambatan-hambatan terhadap bisnis internasional.
Kemampuan dalam teknologi informasi juga menyebabkan perubahan radikal dalam ekonomi dan distribusi. Produk yang terintegrasi secara vertikal tidak lagi menjadi bukti model operasi yang efisien. Hubungan informasi, secara global dan seketika memberi makna bahwa produksi semakin dialihkontrakkan kepada siapa saja dengan ukuran apapun di mana saja di dunia yang memiliki kemampuan terbaik dalam melakukan suatu pekerjaan atau suatu bagian dari pekerjaan tersebut.
Langkah H-P menuju Pasar
1.      Ide untuk membuat ML 150 timbul di Singapura
2.      Konsep di setujui di Houston
3.      Desain konsep dilakukan di Singapura
4.      Desain rancang bangun dan pembuatan awal di Taiwan
5.      Perakitan akhir di Australia, Cina, India, dan Singapura. Mesin diproduksi di Australia, cina, dan India dijual di pasar lokal, mesin dirakit di Singapura dipasarkan di Asia Tenggara.

KOMPETISI GLOBAL
Penentuan acuan (benchmarking), suatu tindakan untuk membandingkan kenerja satu pihak dengan suatu standar yang memadai, bukanlah hal yang baru. Yang baru adalah standar perbandingan yang digunakan kini melampaui batas-batas nasional.
Dalam penentuan acuan terhadap pesaing internasional, seseorang harus berhati-hati untuk memastikan bahwa perbandingan yang dilakukan memang benar-benar dapat di bandingkan.
MERGER DAN AKUISISI LINTAS BATAS
Merger umumnya diringkas dengan istilah sinergi operasi atau skala ekonomi, akuntansi memainkan perasaan yang penting dalam mega konsolidasi ini karena angka-angka yang dihasilkan akunatansi bersifat mendasar dalam proses penilaian perusahaan.
INOVASI KEUANGAN
Berdasarkan kondisi dunia saat ini, manajer keuangan perlu menyadari risisko yang mereka hadapi berasal dari volatilitas tersebut, memutuskan risiko manakah yang perlu dilindungi dan mengevaluasi hasil strategi manajemen risiko yang dijalankan.pada saat yang bersamaan, kemajuan dalam teknologi keuangan memungkinkan pergeseran risiko keuangan kepada pundak orang lain.
INTERNASIONALISASI PASAR MODAL
            Faktor yang banyak menyumbangkan perhatian lebuh terhadap akuntansi internasional di kalangan ekslusif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuat standar akuntansi, dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalilsasi pasar modal seluruh dunia. Federasi pasar modal dunia (World Federation of Exchanges) melaporkan bahwa jumlah perusahaan domestik yang mencatatkan sahamnya meningkat di beberapa pasar dan menurun di beberapa pasar yang lain selama masa-masa awal dekade sekarang. Meskipun demikian, rata-rata ukuran dan volume perdagangan per tahun atas perusahaan yang mencatatkan sahamnya telah tumbuh secara besar, yang sebagian diakibatkan oleh merger dan akuisisi, yang juga berakibat pada penghapusan saham (delesting) yang dilakukan beberapa perusahaan yang terkait

            Ratusan perusahan emiten asing telah mencatatkan ekuitasnya pada sejumlah pasar modal Eropa, Amerika Utara dan Jepang selama bertahun-tahun. Tiga wilayah pasar ekuitas terbesar adalah Amerika Utara, Asia Pasifik dan Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar